Waspada Situs Palsu Menyerupai PeduliLindungi (Desain: Lida Noor M)

Waspada Situs Palsu Menyerupai PeduliLindungi

Kembali nulis lagi di blog tercinta Kantin.ID setelah setahun gak di-update. Sama gak sih kayak aplikasi PeduliLindungi yang sudah ada sejak tahun 2020 tapi gak guna masih banyak dipertanyakan kegunaannya (ooppss). Tahun lalu aplikasi ini digunakan untuk penelusuran kontak dengan orang yang statusnya positif COVID-19 (tracing), pakai bluetooth dan bikin boros baterai. Tapi gagal ya saudara-saudara. Tracing tetap dilakukan manual dengan kesadaran orang yang statusnya positif COVID-19. Sejak vaksin masuk negara kita tercinta dan desakan perputaran roda perekonomian maka PeduliLindungi kembali berinovasi dengan scan QR untuk masuk mal. Tanggal 10 Agustus 2021 Menteri Perdagangan meresmikan pembukaan kembali mal. Syarat masuk mal harus sudah vaksin dan check in dengan scan QR code di pintu masuk mal. Meningkatnya popularitas aplikasi ini, membuat aplikasi ini ditiru orang tidak bertanggung jawab untuk tujuan penipuan.

Beredar di grup Whatsapp tautan situs palsu pedulilindungia.com dengan logo dan banner menyerupai situs pedulilindungi.id yang asli yang ada badaknya. Eh gak gitu konsepnya, cuy. Narasi pada situs palsu tersebut menyampaikan bahwa pasokan vaksin sudah diatur dan meminta transfer sebesar Rp1 juta ke rekening Bank BCA seseorang. Sengaja gak saya ditulis lah namanya, malas bikin populer si penipu. Semoga saja rekeningnya sudah diblokir jika memang sudah digunakan untuk transaksi keuangan. Perhatiin aja nama situs palsunya ada huruf a di belakangnya dan domainnya dotcom. Seperti orang Malang Jawa Timur kalau ngomong pakai a dibelakangnya, iyoa.

Seluruh isi dan informasi dalam situs tersebut tidak berkaitan dengan situs pedulilindungi.id yang asli dan tidak berhubungan dengan upaya pemerintah melakukan upaya penanganan COVID-19 dalam bentuk apapun.  Jangan khawatir, Kementerian Kominfo sudah memutus akses situs palsu ini. Semoga tidak ada yang menjadi korban penipuan ya. Tetap waspada situs palsu apapun bentuknya.

“Kementerian Kominfo telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id,” sebagaimana pernyataan Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (9/9/2021).

Pemerintah menggunakan Aplikasi Pedulilindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020 tentang Penetapan Aplikasi Pedulilindungi dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) beserta perubahannya.

Akses situs resmi pedulilindungi.id saja ya. Unduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store. Semoga sehat selalu dan pandemi segera teratasi dengan baik.

Lida Noor Meitania

Menyukai kuliner dan kucing. Murah senyum tapi jarang menyapa kalau tidak disapa lebih dahulu. Kalau ketemu di jalan, sapa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.