Oleh-oleh Terlaris yang Bisa Dibeli Online Saat Pandemi Covid-19

Oleh-oleh Terlaris yang Bisa Dibeli Online Saat Pandemi Covid-19

Gara-gara pandemi Covid-19 semakin menyebar, aktivitas di rumah aja semakin lama. Belajar di rumah, bekerja di rumah, ibadah di rumah, ditambah gagal mudik gak masalah. Silaturahmi bisa video call. Abis video call mewek deh kangen gak ada yang peluk. Ya kan rasanya tetap beda antara ketemu fisik sama virtual. Sedih? Biar gak sedih terus, oleh-olehnya bisa dipaketin aja. Belanja oleh-oleh di rumah juga bisa. Ini oleh-oleh favorit saya, ternyata bisa dibeli di toko online:

1. Chocomory Official Store di Shopee
Toko di Bogor ini jualannya manjain para sweet tooth deh.
Ada cemilan serba coklat kayak Choco Bar, Choco Bites, ada juga Cimory yoghurt.
Selain yoghurt, saya suka bolu gulung Moomooroll. Tapi ternyata tidak dijual online karena mesti dingin terus, kadaluarsa pendek, cuma tahan 10 jam di luar kulkas.

2. Roti Orion Solo Online di Shopee
Lapis Surabaya Mandarijn favorit mamah di Toko Orion Solo, toko jadul dari tahun 1932. Kue ini ada varian biasa, special, dan kismis. Ukurannya ada kecil dan besar.
Sebelum order, sebaiknya cek dulu ke tokonya kalau dikirim ke luar Solo bisa gak. Karena tercantum “khusus wilayah Solo, jika luar kota ditakutkan produk hancur”.

3. Bakpia Kukus Tugu Jogja di bakpiakukustugu.co.id
Varian luarnya ada original atau brownies. Varian isinya ada kacang ijo, keju, atau coklat.
Ini sih kalau saya bilang kayak bolu kukus yang tidak mekar tapi ada isinya. Enak banget. Cepat abis kalau beli di tokonya.
Bakpia dikukus tapi bukan bakpia, biarpun gitu produsen di kota lain juga udah ikutan bikin bakpia kukus lho.

4. Pia Cap Mangkok di piamangkok.com, Shopee dan Tokopedia
Oleh-oleh khas Malang ini beda dengan bakpia Jogja. Kulitnya renyah, isinya pun bervariasi. Uniknya ada isi tangkwe (buah labu), favorit saya nih. Tapi cepat habis. Ada lagi rasa barunya durian, kopi, dan greentea.
Selain pia, ada juga keripik singkong Lumba-lumba. Enak ini. Beda dengan kripik singkong lainnya. Ada juga keripik tempe, oleh-oleh jadul gak ada matinya dari Malang.

Pia Cap Mangkok dari Malang, bisa dibeli melalui website, Shopee, dan Tokopedia (foto: Shopee)

5. Depot Bu Rudy Official Store di website depotburudy.com, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada
Ada varian sambal bawang (tutup kuning), sambal terasi atau sambal bajak (tutup merah), dan sambal ijo (tutup hijau). Harganya Rp25.000,- per botol untuk sambal bawang & Rp28.000,- per botol untuk sambal bajak dan sambal ijo.
Ada juga paket sambel dan udangnya yang kriuk-kriuk.

Makan nasi sama sambal Bu Rudy kepedesan tapi nagih. Bikin nambah nasi terus nambah sambal lagi.

6. Rumah Jajan Bu Nanik di Tokopedia
Ada sambal Bu Rudy juga tapi beda harga kayak jastipan temen kantor yang sekalian dinas luar. Kalau beli 12 botol harga Rp29.000,- per botolnya.

Bu Nanik ini kan yang terkenal dengan Pisang Madu Bu Nanik. Pisangnya besar warnanya butek kena madu tapi enak banget.
Ternyata ada juga terasi dalam botol. Saya baru tau kalau Bu Rudy juga jualan terasi.
Gak cuma jajanan dari Surabaya, di toko ini ada juga kacang bali Matahari. Sebungkus Rp20.000,-. Ini harganya sama kayak waktu saya beli di Bali.
Ada juga keripik singkong balado Christine Hakim buat yang kangen Padang.
Pengiriman di Jakarta bisa Gojek atau Grab.

7. Pempek Candy di Tokopedia ada di Shopee juga ada
Dikirim langsung dari Palembang ke berapa kota aja yang ada JNE Yes, Jakarta bisa. Cuma bisa kirim ke beberapa kota aja yang ada JNE Yes, Jakarta bisa.
Selera aja sih ya selain pempek Candy ada juga Vico, Beringin, Slamet, kalau di bandara sih banyakan yang bawa dus Candy.

8. Pempek Vico di Tokopedia
Sama seperti Pempek Candy, langsung dikirim dari Palembang pakai JNE Yes.
Kamu suka yang mana?

9. Christine Hakim Official Shop di Shopee
Dikirim dari Padang. Keripik balado sanjay tebal & lengket di gigi, bikin nagih. Bahkan saya pernah zonk makan rasa durian yang terpampang nyata di atas meja teman. Padahal saya musuhan sama durian. Lain kali nanya dulu lah rasa apa sebelum nyomot.
Selain sanjay ada rendang daging sapi, rendang belut, rendang paru, rendang telur juga.

Keripik singkong sanjay dari Christine Hakim di Padang. (foto: Shopee)

10. Bolu Meranti Medan di Tokopedia dan Shopee
Bolu gulung ini enak banget dan jadi buruan buat oleh-oleh. Beli di tokonya aja antrian bisa panjang banget dan nunggu lumayan lama. Isiannya macem-macem ada moca, kacang, blueberry, strawberry, capucino, nanas, keju, coklat, favorit saya nih bolu gulung yang keju di dalam dan keju di luar. Mau dimakan fresh atau dingin kulkas juga enak.

Oleh-oleh lain seperti oleh-oleh Bandung Primarasa, Kartika Sari, oleh-oleh Malang keripik tempe Lancar Jaya, oleh-oleh Medan Bika Ambon Zulaikha, oleh-oleh Makassar Otak-otak Bu Elly, ada juga di toko online rata-rata jastip.

Sebelum beli jastip, cek dulu ulasannya. Kalau banyak yang kasih bintang sedikit dan ulasan jelek tidak usah beli. Kalau produk sih enak-enak banget dan banyak yang beli buat oleh-oleh atau dimakan sendiri.

Jangan lupa cuci tangan pakai sabun di air mengalir ya. Tetap di rumah aja. Pakai masker dan jaga jarak kalau keluar rumah. Tunda dulu ya mudiknya. Silaturahmi lebaran bisa pakai video call, sms, wa. Oleh-olehnya dipaketin aja. Mana yang kamu suka? Kalau mau kirim ke rumah saya juga boleh lho.

Tulisan ini bukan tulisan berbayar, bukan endorse. Saya kangen dinas luar, kangen belanja oleh-oleh, kangen nyomot cemilan di meja teman, kangen makan oleh-oleh di rumah. Kamu juga kan?

Lida Noor Meitania

Menyukai kuliner dan kucing. Murah senyum tapi jarang menyapa kalau tidak disapa lebih dahulu. Kalau ketemu di jalan, sapa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.