Mampir ke Galeri Wayang di Purwakarta

Mampir ke Galeri Wayang di Purwakarta

Jumat lalu (20 September 2019) pertama kali saya mengunjungi Kabupaten Purwakarta untuk urusan kerjaan. Urusan kerjaan, wisata maupun keperluan keluarga pun belum pernah singgah di Purwakarta sebelumnya. Setelah selesai kegiatan forum dialog di Bale Yudistira Komplek Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, saya mampir ke Galeri Wayang yang masih di dalam komplek pemda.

Galeri Wayang di Purwakarta

Galeri ini buka dari jam 10.00 sampai dengan 18.00 WIB, gratis untuk umum. Berhubung saat ke Galeri Wayang ini pas istirahat Sholat Jumat, galerinya sepi banget tidak ada yang jaga sama sekali. Tidak ada pemandu yang nongol juga. Kalaupun ada mungkin di balik layar, di dapur, atau di toilet. Jadi nikmati aja seluruh isi galerinya seperti rumah sendiri.

Mengenal profil wayang di Galeri Wayang

Galeri ini kecil, namun nyaman karena AC-nya nyala dan sepi tidak ada pengunjung lain selain saya dan tim.

Penataan koleksi galeri juga kekinian ala instagramable, layak dikunjungi berbagai usia, anak-anak dengan pengawasan orang dewasa, remaja milenial, maupun generasi senior pencinta budaya.

Salah satu koleksi wayang di Galeri Wayang

Koleksi galeri ini ada wayang golek, wayang kulit, dan wayang lainnya, kisah Ramayana dan Mahabarata, serta beraneka topeng.

Jika sedang berada di Kabupaten Purwakarta khususnya di kantor pemda dan mati gaya, bolehlah mampir ke Galeri Wayang. Meskipun bukan penggemar wayang tidak ada salahnya mengenal warisan budaya bangsa yang masih dilestarikan. Apalagi bisa bebas berfoto ya kan.

Lida Noor Meitania

Menyukai kuliner dan kucing. Murah senyum tapi jarang menyapa kalau tidak disapa lebih dahulu. Kalau ketemu di jalan, sapa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.