KANTIN.ID

Self-Service Baking, Pengalaman Baru Bikin Kue

Liburan akhir pekan enaknya ngapain? Makan siang, belanja, atau nonton ke mall? Ke pameran? Olahraga pagi? Itu sudah biasa.
Kali ini saya mendadak diajak Kaka Filmon merasakan pengalaman baru sambil baking (membuat kue) di Bakeasy by Cookpad, Jalan Suryo, Jakarta Selatan, Sabtu, 11 Agustus 2018.

Tanpa janjian terlebih dahulu, sebelum jam 9 pagi Kaka Filmon sudah telpon saya ngajak baking. Padahal saya sudah beberapa tahun gak pernah bikin kue lagi.

Jadilah saya, Kaka Filmon, Kaka Rista, Aiko (6 tahun, anak pertama Kaka Filmon dan Kaka Rista), Kaka Juli, dan Kaka Lydia meluncur ke Bakeasy yang lokasinya dekat dengan lapangan Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Sekitar pukul 12.30 kami tiba di Bakeasy. Bakeasy ini cara baru belajar membuat kue, dengan konsep self-service baking.  Gak perlu jago bikin kue, pemula pun bisa meskipun tanpa pengajar.

Kue yang bisa dipilih oleh peserta, ada berbagai macam antara lain Coffee Milk Chiffon, Almond Matcha Brownies, Bana-mon Muffins, Chocolate Crumble, Choco-Berry Lava. Saya pilih resep yang terbaru di Bakeasy, yaitu Lemon Cheese-Frosting Cake.

Tadinya harapan saya mau bikin kue yang adonannya mengandung keju. Ternyata resep kue yang saya pilih ini kejunya hanya di topping-nya saja. Sedangkan kuenya rasa lemon.
Itu saya sadari setelah mulai membuat kue.
Resep kue yang dipilih masing-masing peserta bisa berbeda. Kaka Rista memilih untuk membuat Chocolate Cheese Tart, Kaka Juli lebih suka Almond Banana Cake, dan Kaka Lydia pilih Mini Cheese Cake. Sedangkan Aiko membuat Chocolate Chip Cookies.

Karena resep masing-masing peserta berbeda, gak bisa saling contek-contekan deh. Kalau ada pertanyaan, bisa langsung ditanyakan ke Bakeasy.

Self-service baking, cara baru bikin kue dari Bakeasy by Cookpad.

Setelah mendaftar dan memilih kue yang akan dibuat, masing-masing peserta dibekali tablet yang berisi tutorial membuat kue melalui video, gambar, dan tulisan. Untuk memudahkan peserta membuat kue, panduannya dibuat semudah mungkin.
Mulai ambil mangkok, sendok, spatula, ukuran tepung, gula, baking soda, juga berapa lama kue di oven, dan suhu ovennya. Semua bahan kue seperti tepung terigu, gula castrol, baking soda, diukur dengan gram, kecuali telur dihitung per butir dan serutan kulit lemon sedapetnya aja. Bahkan susu pun diukur dengan gram.
Sayangnya, Bakeasy tidak memberikan resep yang bisa dicoba lagi oleh peserta di rumah.

Bikin kue di Bakeasy by Cookpad gampang, meskipun tanpa pengajar. Tinggal ikutin saja tutorialnya.

Jadi, kemungkinan besar kalau saya coba lagi membuat di rumah dengan resep Lemon Cake lainnya yang mirip dari Cookpad, dengan ukuran yang berbeda dan oven yang berbeda, maka hasilnya akan berbeda. Hehehe…

Bagi saya, membuat kue adalah seni. Tidak ada ukuran yang pasti pas. Karena jenis kue saja banyak macamnya, beda tekstur, beda rasa. Semua itu hanya masalah selera saja. Bahkan asal mula kue brownis kan dari kue bantat. Siapa yang sangka dulunya kue bantat eh sekarang malah jadi kue favorit.

Tadaaaa…. Inilah Lemon Cheese-Frosting buatan saya di Bakeasy by Cookpad. Cantik, kan?

Ini hasil kue buatan saya, kece kan? Rasanya sudah pasti enak banget, karena tidak ada yang saya kurangi takarannya. Tapi menurut saya, rasanya terlalu manis. Takutnya saya diabetes lagi. Kan saya sudah manis, apalagi makannya sama kamu yang ada manis-manisnya gitu. Hehehehe…

Selain bikin kue bareng teman, bisa ajak anak-anak juga di Bakeasy by Cookpad.

Kalau kamu mau juga ikut kelas Bakeasy seperti saya, bisa banget. Satu kelas maksimal 10 orang peserta dengan 10 oven dan 1 microwave. Bakeasy buka setiap hari kecuali Senin dan Selasa. Hari Rabu sd Jumat buka dari jam 16.00 sd 20.00 wib, sedangkan Hari Sabtu dan Minggu buka dari jam 13.00 sd 18.00 wib.

Biaya yang dibayar oleh peserta cukup terjangkau. Untuk membuat seloyang kecil kue ini, saya membayar Rp.150.000,- dari harga Rp.180.000,-  karena saya diajak Kaka Rista yang juga mengajak 2 orang teman lainnya.
Biaya untuk menu kue lainnya berkisar Rp.120.000,- sd Rp.200.000,-. Selama libur akhir pekan memperingati dirgahayu Republik Indonesia tanggal 17, 18, dan 19 Agustus 2018, Bakeasy ada promo cukup bayar Rp.73.000,- untuk semua menu. Syarat dan ketentuan berlaku. Hehehe… Info lebih lanjut lihat saja di Instagramnya Bakeasy: bakeasy_by_cookpad

Akhir pekan seru bersama teman sambi membuat kue di Bakeasy by Cookpad, Sabtu (11/8).
Tagged on:

Lida Noor Meitania

Menyukai kuliner dan kucing. Murah senyum tapi jarang menyapa kalau tidak disapa lebih dahulu. Kalau ketemu di jalan, sapa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.