Masih konsisten hidup sehat? Saya dan teman-teman Semut Kece ditantang untuk menurunkan berat badan dalam waktu 3 bulan, dalam program Kominfo Sehat 2018 Challenges, bisa dibaca di sini.

Peserta yang mengikuti lomba ini harus membentuk tim yang terdiri dari 5 orang, mendaftar di Klinik Pratama Kemkominfo, lalu tinggi badan, berat badan, dan BMI akan diukur.

Ini dia 9 strategi yang telah dilakukan oleh saya dan teman-teman Semut Kece Kominfo selama mengikuti Kominfo Sehat 2018 Challenges. Aktifitas lainnya bisa dilihat di Instagram lida_buaya, nurulhp, filmonwarouw, dewirahmarini, dan myeerarahmi dengan tagar #SemutKeceKominfo.

1. Minum air putih
Sering mendengar pesan untuk minum air putih 8 gelas sehari, kan? Kalau kami, minum sesuai kebutuhan saja. Kalau haus ya minum. Cek juga warna urin setiap buang air kecil. Kalau warnanya keruh cenderung gelap, artinya perlu lebih banyak minum air putih lagi.

2. ‎Minum teh hijau, virgin coconut oil dan cuka apel

Nurul dan saya suka minum teh hijau. Teh hijau itu baik untuk kesehatan. Manfaatnya antara lain menjaga stabilitas gula darah, menyehatkan sistem pencernaan, mencegah risiko kanker, jantung hingga stroke serta suplemen penurun berat badan. Filmon juga suka minum chinese tea.
Nurul rajin minum Virgin Coconut Oil (VCO). VCO memang lemak tapi tidak menyimpan lemak melainkan meningkatkan metabolisme tubuh.
Kalau cuka apel gunanya untuk mengurangi kadar gula di dalam tubuh. Caranya Nurul mengkonsumsi cuka apel, tuang sesendok teh cuka apel dicampur dalam 1-2 gelas air hangat.

3. ‎Mengurangi gula, nasi, dan gorengan

Nurul dan saya tidak makan nasi. Lauknya saja yang dimakan, seperti pepes ikan, sup ayam, dll. Tapi masih suka makan makanan yang enak-enak seperti sup iga, soto ayam, dan pempek. Filmon, Dewi, dan Mira masih makan nasi tapi porsinya dikurangi.

4. ‎Makan buah dan sayur
Buah favorit kami adalah alpukat. Meskipun mengandung lemak, buah ini rendah gula, kaya serat, vitamin A, E, K, dan C, zat besi dan kalsium. Mudah ditemukan. Ada di pasar tradisional, supermarket, toko online, bahkan ada sesama peserta Kominfo Sehat yang mengkoordinir pembelian alpukat ini. Alpukat pun gampang dikonsumsi. Asalkan sudah matang, tinggal kerok aja atau kalau banyak bisa dijus juga tanpa gula dan tanpa tambahan air. Bisa ditambah madu bisa juga tidak.

Jus buah dan sayur ala saya

Selain alpukat, saya suka jus buah naga murni atau dikombinasi antara lain dengan buah pir, stroberi, nanas, bahkan dengan daun min. Selain jus buah, saya juga berani mencoba jus sayur seperti pakcoy. Meskipun sudah dikombinasi dengan buah, tetap rasanya tidak enak. Jadi, masih belum berani ngejus sayur sering-sering. Buah pun bisa dibuat smooties ala cafe kekinian.

Smooties cafe kekinian ala saya

Kominfo Sehat 2018 Challenges ini menurut kami keren dan bisa memotivasi pegawai Kominfo untuk berolahraga dan makan sehat, bahkan bisa menular. Sudah beberapa kali rapat di kantor, kudapannya adalah buah potong dan maka malamnya banyak mengandung sayur seperti gado-gado.

5. ‎Olahraga

Sejak Agustus 2017, saya sudah olahraga Yoga 2x seminggu setiap sore selama satu jam. 2x itu sekali yoga dan sekali aerobik kombinasi body language dan zumba. Tahun ini, jadwalnya ditambah jadi 3x seminggu, dengan porsi seminggu dua kali aerobik, body language, dan zumba dan seminggu sekali yoga.

Tadinya, sebelum lantai 8 gedung depan dipakai untuk ruangan Cyber Drone 9, kami bisa olahraga di sana. Sewaktu direnovasi, kami pindah ke Ruang Serba Guna. Kalau di ruang serba guna dipakai acara Forum Merdeka Barat 9, terpaksa kami pindah lagi ke ruang Anantakupa gedung belakang lantai 8.

Mira dan Dewi juga sudah ketularan olahraga seperti saya. Sayangnya kelas Yoga sore bubar per awal April 2018 karena koordinatornya promosi ke Kementerian Pemuda dan Olahraga

Kalau di rumah, saya suka latihan otot pakai barbel.

Diantara olahraga yang saya lakukan, paling suka zumba karena saya suka musik dan sambil menari.

Kalau yoga, saya suka kewalahan. Badan masih kaku dan kayaknya badan kegemukan jadi kesulitan mengikuti gerakannya.

6. ‎Jalan kaki

Nurul memang tidak ikut olahraga, tapi rajin jalan kaki pulang kantor sebanyak 6.000 langkah per hari dari Abdul Muis sampai Grogol kurang lebih 4,5 km.

Jangan lupa olahraga meskipun sedang dinas luar ke luar kota

Kalau saya lagi dinas ke luar kota suka treadmill di gym yang ada di hotel tempat menginap. Kalau libur di rumah, hari Sabtu atau Minggu pagi saya suka jalan-jalan di jogging track Banjir Kanal Timur. Atau iseng-iseng ke lokasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor (car free day) di Thamrin.

7. ‎Naik turun tangga

Banyakin aktifitas fisik selama di kantor seperti naik turun tangga daripada naik lift. Empat orang Semut Kece ruang kerjanya di lantai 3 dan satu orang di lantai 2. Masih mudah dijangkau naik turun tangga. Naik turun tangga tidak hanya pagi saat sewaktu baru tiba di kantor dan sore sewaktu pulang, tapi Nurul lebih memilih buang air di toilet lantai 2 daripada di lantai 3. Ruang rapat Ditjen IKP juga di lantai 2, jadi sudah biasa naik turun tangga.

Biasakan naik turun tangga untuk menjaga kesehatan tubuh

8. Senam peregangan

Senam peregangan dengan lagu Havana-nya Carmila Cabello ini ngehits banget di kantor kami. Sehari saja bisa 2x, jam 10.00 dan jam 14.00 diputar di Radio Kominfo. Bahkan kalau Hari Jumat bisa 3x sehari karena jam 7.30 ada peregangan di senam pagi.

9. ‎Manfaatkan media online

Di era banjir informasi seperti saat ini, Semut Kece memanfaatkan Facebook, Youtube, Twitter, blog, portal berita online untuk mencari informasi diet sehat, resep makanan sehat, produsen makanan sehat, tempat olahraga atau beli kebutuhan kesehatan.

Sambil berjalan kaki maupun lari, Nurul dan Filmon memanfaatkan aplikasi running dari Samsung dan Nike.
Saya menggunakan aplikasi musik bernama Spotify untuk menemani olahraga di gym atau di rumah.

Semoga 9 strategi Semut Kece ini bisa bermanfaat bagi sahabat Kominfo Sehat dan tetap konsisten hidup sehat meskipun tantangan dari panitia Kominfo Sehat 2018 ini telah selesai.