Buka Puasa Bersama, IKA Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Akan Bentuk Badan Perlindungan Hukum Asuransi

    0
    568
    views
    Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya menjalin silaturahmi sambil berbuka puasa di Kedai Sirih Merah, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Juni 2017.

    Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya (IKA FH UB) akan membentuk Badan Perlindungan Hukum Perasuransian Indonesia, yang bertujuan memberikan penyelesaian masalah asuransi antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi. Hal ini disampaikan oleh Ketua IKA FH UB, Hero Samudra, di sela buka puasa bersama IKA FH UB di Kedai Sirih Merah, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Juni 2017.

    Hero Samudra, Ketua Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, saat diwawancarai TVRI dalam program Indonesia Siang

    Dari penelusuran saya di berbagai berita online, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima 163 kasus pengaduan klaim asuransi di sepanjang tahun 2016. Sebanyak 51 kasus pengaduan suretyship, 29 kasus pengaduan harta benda, 17 kasus pengaduan asuransi jiwa konvensional, 16 kasus pengaduan kesehatan dan 13 kasus pengaduan unit link. Sisanya, sebanyak 12 kasus pengaduan kredit, 10 kasus pengaduan rangka kapal, 8 kasus pengaduan kendaraan bermotor, 3 kasus pengaduan jasa pengangkutan, 3 kasus pengaduan asuransi TKI dan 1 kasus pengaduan kecelakaan diri.

    “Bisnis asuransi masih awam di masyarakat Indonesia. Sehingga bila ada persoalan hukum dapat merugikan pemegang polis. Apalagi saat ini bantuan hukum yang khusus asuransi terbilang langka,” kata Hero Samudra, alumni angkatan 1981.

    “Di bawah naungan IKA FH UB, akan dibentuk badan perlindungan hukum perasuransian. Kenapa kita membentuk seperti itu, karena alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ini banyak sekali yang praktisi dan ahli hukum asuransi,” kata Hero Samudra, doktor ilmu hukum Universitas Brawijaya dengan judul disertasi Pertanggungjawaban Perusahaan Asuransi Jiwa dalam Pengelolaan Dana Tertanggung Berbasis pada Good Corporate Government, Studi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero).

    IKA Alumni FH UB nantinya akan bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan serta asosiasi industri asuransi sehingga mampu memberikan perlindungan hukum secara optimal kepada masyarakat.

    Selain itu, IKA FH UB akan membuka Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) di Jakarta bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dan lembaga advokat.

    Alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya angkatan 1998

    Dari sekitar 30 orang alumni angkatan 1981 sampai dengan 2012 yang hadir buka puasa bersama, paling banyak dari angkatan 1998 sebanyak 7 (tujuh) orang, yakni saya sendiri, Slamet Yuwono, Mia Rizkasari, Helmi Ariwibawa, Zen Teguh, Shalahuddin, dan Riza Afghani.

    Logo Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ke-60

    Silaturahmi IKA FH UB tidak berhenti di bulan puasa saja. Bulan depan, tepatnya tanggal 15-16 Juli 2017, Fakultas Hukum Universitas Brawijaya menggelar Dies Natalis Fakultas Hukum Universitas Brawijaya ke-60 di Malang, dengan tema Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan dan Penegakan Hukum.

    Diharapkan alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya dari angkatan berapa pun dan di mana pun berada, dapat menghadiri Dies Natalis.

    Sabtu malam, 15 Juli 2017 akan digelar temu akbar 3000 alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya dengan hiburan utama Krisdayanti dan MC Putri Viola. Masing-masing angkatan diminta untuk mengisi acara hiburan.

    Ayo ker, balik Malang!

    Helmi Ariwibawa memanjatkan doa untuk kelancaran rangkaian kegiatan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here