Di Museum Zoologi Bogor Ada Ikan Paus

1
224
views

Piknik dengan keluarga, merupakan momen indah dan berharga untuk saya. Pilihan kali ini jatuh ke Museum Zoologi di Kebun Raya Bogor.

Berangkat dari Bekasi pukul 10.00 WIB dengan naik KRL, tiba di Kebun Raya sekitar pukul 12.30 WIB. Cuaca panas tidak menyurutkan kami untuk terus berjalan.

Sesampainya di museum, hal pertama yang terlihat adalah tapir, harimau dan kambing.

“Ini macam mengaum … aumm,” kata dede sambil mengarahkan kamera ke macan

“Ini macam mengaum … aumm,” kata dede sambil mengarahkan kamera ke macan.

Lalu dilanjutkan dengan melihat hewan-hewan lain yang terpajang di dinding museum, sambil membaca penjelasan, terkadang anakku yang kecil bertanya “Ini hewan apa? Bentuknya kecil banget?” Oh itu anak burung, jawabku.

Kakak juga tidak mau kalah. Rasa ingin tahu yang besar membuatnya ikut bertanya, “Ini burung apa? Buntutnya panjang banget.” Karena sudah bisa membaca, kuarahkan Kakak pada papan informasi yang tertera.

Selain burung, ada juga hewan-hewan lain di sekitar kita seperti ayam. Ada juga hewan-hewan besar dan buas seperti badak dan harimau. Serta kerangka kepiting yang besar.

Yg ini aku bingung mai kasi caption apa. Lupa juga itu rusa apa kancil yah. Ehehehe

Yg ini aku bingung mai kasi caption apa. Lupa juga itu rusa apa kancil yah. Ehehehe

Lelah berjalan-jalan, kami mencari tempat istirahat, di dekat tempat istirahat terdapat kerangka besar dan panjang, ternyata kerangka hiu paus.

Sambil melepas penat, saya menghubungi teman yang kebetulan kerja di LIPI Kebun Raya Bogor. Kebetulan dia memang sedang berada di dekat tempat kami istirahat.

Perkenalkan namanya Ayi Doni, beliau Pranata Humas LIPI. Sambil berbincang-bincang karena kami sudah lama tak bertemu, saya tanyakan “Apakah semua hewan di sini asli dan diawetkan? Dan apakah ini benar-benar kerangka hiu paus?”

Doni pun menjawab “Saya pernah tanyakan hal tersebut pada petugasnya, dan memang semua hewan di sini asli lalu diawetkan.”

Itu kerangka Hiu Paus yang super besar. Menakjubkan karena memang kerangka asli dan masih bagus.

Takjub yang saya rasakan, betapa mereka bekerja keras mengumpulkan hewan-hewan yang sedemikian banyak dan mengawetkan, lalu menyimpan dengan rapih serta memberi keterangan hewan apa saya yang ada di situ.

Sepertinya tempat yang bisa dikunjungi masih banyak, namun apa daya, karena sudah benar-benar lelah, kami memutuskan untuk pulang.

Demikian sedikit pengalaman yang dapat saya bagi tentang Musium Zoologi. Sampai jumpa pada piknik berikutnyaaa

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here