Wisata Belanja di Museum Tekstil dengan Honestbee

1
370
views
Peserta Wisata Belanja bersama Kriya Indonesia, Honestbee, dan Resep Dapur Ayah di Museum Tekstil. (Foto: Instagram kriyaindonesia)

Beberapa hari belakangan saya sibuk mempersiapkan pelatihan teman-teman Gen Y kantor di luar kota. Akibatnya saya kurang piknik. Padahal persediaan makanan di rumah sudah minim. Akhir pekan mau piknik atau belanja ya, pikir saya.
Pas banget nih saat saya butuh piknik dan belanja, diajak Wisata Belanja oleh Kriya Indonesia. Kriya Indonesia mengajak 100 blogger berwisata belanja di Museum Tekstil, Jalan Aipda KS Tubun Nomor 2-4 Jakarta Pusat, dengan aplikasi belanja online, Honestbee, Minggu, 26 Februari 2017.

Dengan modal 2 kode voucher belanja Honestbee sebesar masing-masing Rp.75.000,- yang diberikan panitia, saya mencoba belanja online di Transmart Carrefour. Caranya gampang saja.
1. Pilih produk lalu klik ikon keranjang belanja

Produk yang ditawarkan di aplikasi Honestbee sama dengan produk yang ada toko. Tergantung persediaan di Transmart Carrefour yang terdekat dengan lokasi pengantaran. Harga dan promonya juga sama.

Selain belanja online di Transmart Carrefour, ada juga toko lainnya. Namun khusus kode voucher dari acara Wisata Belanja ini hanya bisa digunakan di Transmart Carrefour.
2. Masukkan kode voucher dan pilih apply

Setelah memasukkan kode voucher dan klik apply, muncul nominal voucher yang bisa digunakan.

Lalu saya mendaftar dengan alamat email untuk membuat akun. Honestbee sengaja memudahkan pengguna untuk mencari produk yang dibutuhkan dalam aplikasi terlebih dahulu sebelum mendaftarkan emailnya. Jika produk yang dicari tidak tersedia dan pengguna memutuskan tidak berbelanja, maka tidak perlu mendaftarkan emailnya.

Setelah itu, secara otomatis saya menerima email pemberitahuan dari Honesbee bahwa saya telah terdaftar dan bisa melanjutkan berbelanja.

Kemudian, saya masukkan kode pos atau wilayah pengantaran. Berhubung kami sedang ada acara Wisata Belanja di Museum Tekstil maka wilayah yang dipilih adalah Kebon Kacang dengan kode pos 10240, lalu ketik Museum Tekstil. Pilih waktu pengantaran pesanan pukul 12-13.
3. Biaya belanja anda langsung terpotong

Selain membayar harga produk yang dibeli, ada biaya concierge (pengawas pintu) dan delivery (pengiriman) masing-masing sebesar Rp.10.000,-

Khusus peserta acara Wisata Belanja, hanya membayar Rp.10.000,- untuk concierge sedangkan biaya delivery-nya gratis. Pengguna dikenakan dua biaya karena Honestbee membedakan petugas yang melakukan pembelian di toko dengan petugas yang bekerja mengantarkan barang. Petugas concierge adalah semacam personal shopper atau petugas yang khusus menangani belanjaan pengguna.

“Petugas yang belanja adalah perempuan. Kalau yang mengantar barang itu laki-laki. Jadi, yang mengantarkan barang itu bukan yang berbelanja di toko. Misalnya ibu hamil atau ibu yang baru melahirkan, tidak bisa berbelanja sendiri ke toko. Perlu ada yang membantunya belanja. Kalau laki-laki kan hanya tahu apel. Kalau perempuan itu tahunya ada apel manalagi, apel malang, beda. Lebih tepat yang membantu berbelanja adalah perempuan dan yang mengantar berbelanja adalah laki-laki,” jelas Tony dari Honestbee.
Ternyata saat saya mencoba, muncul notifikasi kalau ada kendala di email saya. Padahal saya sudah terima email dari Honestbee sebelumnya. Kendala ini tidak hanya dialami oleh saya, tapi juga peserta lainnya sekitar 6-10 orang.

Kemudian Tony berjanji untuk menyelesaikan kendala ini, padahal sebelumnya belum pernah ada kendala serupa. Lalu email kami didata.

Siang harinya, setelah saya dan peserta lain keliling Museum Tekstil dengan diantar oleh Mis Ari, pejabat di Museum Tekstil dan Fani, seorang bule relawan dari Perancis, kami menyaksikan demo masak oleh Chef Jun dari Resep Dapur Ayah.

Lalu kami diberitahu untuk mencoba lagi aplikasi Honestbee yang telah diperbaiki. Berhubung acara telah berakhir, saya diminta ubah lokasi pengantaran ke rumah pukul 17-18 dan berhasil.

Tidak lama, ada petugas Honestbee yang konfirmasi melalui telepon. Selanjutnya saya tinggal menunggu kurir datang mengantarkan pesanan saya.

Sekitar 45 menit sebelum pukul 17, saya dihubungi kurir honestbee yang menanyakan lokasi rumah saya. Tidak lama kemudian, sampailah kurir berjaket kuning di depan rumah saya.

Setelah belanjaan saya terima dan membayar Rp.10.000,- untuk biaya concierge ditambah tips untuk kurir, saya diminta tanda tangan di gawainya yang menyatakan bahwa saya sudah membayar Rp.10.000,-.

Kemudian aplikasi di gawai saya akan muncul rating untuk petugas honestbee yang sudah membantu berbelanja dan rating untuk kurir yang sudah mengantarkan pesanan.
Ternyata berbelanja itu mudah kan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here