Ini Tips dan Trik Membuat Video Amatir Seperti Profesional

2
385
views
Andy Garcia, menyampaikan tips dan trik membuat video amatir seperti profesional pada Pelatihan Gen Y Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik di Bogor. (Foto: Fransisca MR)
Andy Garcia, menyampaikan tips dan trik membuat video amatir seperti profesional pada Pelatihan Gen Y Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik di Bogor. (Foto: Fransisca MR)

Sering kita lihat di media sosial seperti Instagram dan Youtube ada video yang bagus, ternyata dibuat hanya menggunakan alat sederhana seperti gawai yang biasa kita pakai sehari-hari. Ternyata video amatir juga bisa dibuat layaknya video professional. Bagaimana caranya?

Ini tips dan trik membuat video amatir seperti professional dari Andi Garcia, yang saya pelajari saat mengikuti hari pertama pelatihan Gen Y di Bogor, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, tanggal 22-25 Februari 2017 di Padjadjaran Suites Hotel & Conference, Bogor.

  1. Pegang gawai jangan goyang

“Video yang sebentar-sebentar pindah gambar dan goyang-goyang terus, salah satu ciri video amatiran,” kata Andi Garcia, pria muda oriental dengan 115.000-an  pengikut di Instagram.

Amatiran banget kalau gambarnya goyang-goyang seperti ada gempa. Penikmat video kita juga jadi pusing karena tidak fokus. Andi menyarankan untuk diam saat pegang gawai dan rekam yang banyak. Kalau mau pindah gambar, sebaiknya diam di satu gambar selama 5 sampai 10 detik.

Peganglah gawai dengan kedua tangan atau dengan bantuan mini tripod. Biasanya kalau satu tangan memang lebih mudah bergetar. Setelah ambil gambar, bisa diedit.

  1. Cahaya

Jangan ambil gambar di tempat gelap. Kalau gelap atau cahaya kurang masih bisa diatur dengan exposure dan shadow.

  1. Filter warna

Video sudah direkam, lalu edit. Justru yang menjadikan video amatir seperti professional karena ada proses editing. Andi Garcia merekomendasikan aplikasi Adobe Premiere Clip, yang bisa diunduh gratis di App Store.

  1. Gunakan musik sebagai latar

Sesuaikan lagu dengan dengan tema video. Misalnya, pilih lagu yang upbeat untuk video bertema perayaan ulang tahun, sehingga dapat menggambarkan suasana yang ceria. Video dengan tema jalan-jalan juga bisa gunakan lagu yang upbeat. Gerakan videonya juga bisa dibuat cepat mengikuti beat lagunya.

Lagu itu ada hak ciptanya ya. Buat pemula sih bisa pakai lagu gratisan di incompetech.com atau Youtube.

  1. Singkat

Durasi video untuk media sosial cukup 30 detik. Ini hemat kuota.

Farida Dewi Maharani, mewakili panitia kegiatan, menyampaikan kenang-kenangan kepada Andi Garcia.
Farida Dewi Maharani, mewakili panitia kegiatan, menyampaikan kenang-kenangan kepada Andi Garcia.

Salah satu peserta, Linda Nihara dari Direktorat Komunikasi Publik bersama dengan Lucky dan Angga dari Direktorat Pengolahan dan Penyediaan Informasi, membuat Vlog yang diunggah di Youtube, klik di sini. Pada video ini, Linda menunjukkan suasana pelatihan saat disampaikan materi dari Kolonel Penerbang Agung Sasongkojati, yang dikenal juga dengan nama Sharky Agung. Beliau adalah Kasubditpenpas Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, yang merupakan supervisor airmin @_TNIAU. Lihat ya videonya, ada saya juga lho di samping beliau.

Selain video itu, Lucky dan Angga, juga mengunggah hasil kerjanya pada akun twitter @sakuinaja, klik di sini.

Kalau saya sendiri, baru bisa ambil video dengan mini tripod, belum coba edit video. Lain kali juga mau coba, apalagi kalau lihat hasil video yang bagus-bagus. Kalau kamu bagaimana? Punya tips dan trik bikin video versi kamu? Komen di bawah tulisan ini ya.

Pada pembukaan pelatihan Gen Y, Ibu Rosarita Niken Widyastuti, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, menyampaikan keprihatinannya atas informasi hoax yang beredar di media sosial. Sebanyak 10% produksi berita hoax, dan 90% sukarela menyebarkannya. Beliau berharap agar para peserta pelatihan dapat membuat lebih banyak konten positif dan sukarela menyebarkannya.

Ibu Niken juga berharap agar peserta bisa lebih maju, mau berubah, keluar dari zona nyaman dan bekerja dengan proaktif, kreatif, dan inovatif.

2 COMMENTS

  1. aku paling merasa mudeng sama sesi ini. bener2 memvisualisasikan apa yang selama ini aku suka.. .dari dulu suka dokumentasiin sgala sesuatu tapi belum pernah jadi video umum…. terlalu personal… banyak dapat ide dr sesi mas Andy Garcia supaya apa yang udah kurekam bisa jadi tontonan umum juga 🙂 sementara ini mau rekomen app VIdeoShow buat para pirsawan yang ga pake iPhone. Its super easy n fun 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here