mau pilih posel atau surel?

2
363
views

Dua sumber daring andalan saya ketika menelusuri padanan kosakata asing dalam Bahasa Indonesia adalah kbbi.web.id dan kateglo.com. Namun dari keduanya, saya belum menemukan pencerahan terkait lema posel dan surel untuk istilah email.

Saya mengunjungi situs Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari sana, saya menjumpai dua tautan daring yang keren, yaitu kbbi.kemdikbud.go.id dan kosakata.kemdikbud.go.id

Rujukan yang menarik, saya temukan dari situs daring Republika. Saya suka tulisan Kepala Bahasa Republika Ririn Liechtiana bagian 1 dan bagian 2 meskipun agak bertele-tele namun menyediakan ruang untuk diskusi tentang pemakaian istilah posel dan surel.

dari e-mail menuju email

Dalam khazanah bahasa Inggris, email atau electronic mail berarti metode pertukaran pesan digital menggunakan gawai digital seperti komputer, laptop, tablet dan ponsel pintar. Tanda penghubung pada e-mail pun telah lesap sehingga kerap ditulis sebagai email. Contoh pengubahan yang lain adalah penulisan Internet (dengan huruf I kapital) menjadi internet.

Apa maksudnya? Pengubahan ini tidak lain karena seiring dengan pemanfaatan dan penggunaannya yang awalnya khusus atau dikategorikan sebagai kata khusus menjadi umum atau kosakata umum. Kita tak lagi asing dengan email dan internet.

Namun dalam bahasa Indonesia, email erat dengan dunia kedokteran gigi. Dalam KBBI Daring, email hanya dijelaskan sebagai “bahan padat berwarna putih dan keras yang melapisi dan melindungi bagian dentin mahkota gigi” dan ini sumber perselisihan makna.

Kata email tidak diserap ke dalam Bahasa Indonesia sesuai kata aslinya (misalnya menjadi imel atau emel) dan sebagai akibatnya, kita memiliki kata baru, yaitu posel dan surel. Posel adalah kependekan dari pos elektronik, sedangkan surel dari surat elektronik. Ada juga sutron =))

pilih posel atau surel?

Menurut KBBI, posel berarti penggunaan jejaring komputer untuk mengirim dan menerima pesan. Posel tidak hanya bermakna pesan yang dikirim atau diterima melalui sistem tersebut.

Memang, sebuah kantor pos tidak lagi untuk mengirim dan menerima surat, tetapi juga barang, uang, payroll, materai, wesel, pulsa hingga cicilan motor. Ehehehe. Maka, saya maklum dengan argumentasi posel yang tak hanya mengirim pesan tetapi juga memuat lampiran yang beraneka ragam, dari gambar hingga fail 3gp.

Masalah muncul, setidaknya untuk saya sendiri, ketika gaya selingkung posel dalam kalimat, baik lisan maupun tulisan. Ingat, kata email tidak hanya berdiri sebagai kata benda namun juga mampu merambah kata kerja. Bagaimana dengan posel?

Contoh 1: “Can I have your email address please?” menjadi “Bolehkah saya meminta alamat posel Anda?”

Contoh 2: “Please check your inbox since I had emailed you the presentation last night” … akankah menjadi “Cekidot masbero, aku udah posel paparannya semalam lho?”

Setali tiga uang dengan surel yang mantab sebagai kata benda namun janggal menjadi kata kerja 🙁

surel!

Bagaimanapun juga, izinkanlah saya menyebut surel itu lebih indah dan romantis dibandingkan posel. Berikut ini contoh penggunaan kata surel yang romantis abis yang saya kutip tanpa izin penulisnya ehehhe:

Sudah ku terima surel mu semalam. Sudah ku baca semua. Sudah ku cerna setiap katanya. Dan aku melakukannya dengan nyaris sempurna. Maaf bila aku gagal untuk tidak menangis. Ini kali pertama kau buatku menangis. Dalam 6 tahun terakhir aku dibuat menunggu, aku tak pernah menangisimu. Maka izinkanlah aku menangisimu hari ini.

Iya, argumentasi saya hanya bersandar pada keindahan dan keromantisan. Harap maklum, cowok Virgo memang demikian. Ehehehe

Tapi bahasa memang dinamis. Dari waktu ke waktu, zaman ke zaman, bahasa terus bergerak sesuai pengguna. Maka, sangat dimungkinkan muncul padanan istilah email selain posel atau surel.

Semoga saja, dinamikanya berpatut pada Pedoman Umum Pembentukan Istilah versi Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, edisi pertama tahun 1975!

2 COMMENTS

  1. contoh menarik: SUDAH KU TERIMA SUREL MU SEMALAM. SUDAH KU BACA SEMUA. SUDAH KU CERNA SETIAP KATANYA. DAN AKU MELAKUKANNYA DENGAN NYARIS SEMPURNA. MAAF BILA AKU GAGAL UNTUK TIDAK MENANGIS. INI KALI PERTAMA KAU BUATKU MENANGIS. DALAM 6 TAHUN TERAKHIR AKU DIBUAT MENUNGGU, AKU TAK PERNAH MENANGISIMU. MAKA IZINKANLAH AKU MENANGISIMU HARI INI.

    hahaha9x

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here