Persiapan Memotret Kegiatan Kantor

2
333
views
Kamera menjadi alat penting untuk melaksanakan pekerjaan Dokumentasi kegiatan.

Terus terang kegiatan mendokumentasikan rangkaian kegiatan kantor tidak bisa dikatakan pekerjaan yang mudah, kadang malah terlupakan oleh banyak orang. Makanya untuk mendapatkan dokumentasi foto yang lengkap baik untuk pelaporan maupun sekedar dokumentasi diperlukan adanya konsep yang jelas, singkat dan terstruktur guna mendapatkan runutan informasi yang jelas dalam bidikan gambar.

Jadi simak ya kiat motret yang baik dan benar dibawah ini………….

  1. Siapkan Peralatan Perang

Sebelum kegiatan siapkan kamera standar baik SLR/ DSLR, Kamera Saku (Pocket) maupun gawai ¬†yang dilengkapi dengan kamera. Itu saja ga cukup kakak, pengalaman pahit yang pernah aku alami adalah ketika bertugas didaerah pelosok, baterai kamera sudah terisi penuh tapi ada komponen kecil yang sangat penting lupa dan tertinggal yaitu Kartu Memori yang sangat penting untuk menampung hasil dokumentasi kegiatan, akhirnya untuk menggantikan hal yang terlupakan dengan terpaksa mengabadikan kegiatan cukup dengan gawai yang aku punya. So…..jangan lupa ya gaeeees,,,,,,!!

  1. Susun Catatan Kecil

Minimal kita harus punya jadwal acara dari awal hingga selesainya kegiatan, ditambah dengan sedikit catatan kecil yang meringkas tentang apa tema kegiatan? fokus kegiatan apa? siapa saja yang hadir? memahami lokasi kegiatan? Dan wajib mencatat caption siapa yang terekam dalam gambar yang kita ambil baik itu nama lengkap dan jabatan maupun asal instansinya.

  1. Pahami Teknik Standar Foto

Point penting sebelum memotret pahami dan kenali alat yang kita gunakan baik pada kamera maupun gawai, bagaimana pencahayaan, sudut pandang atau objek apakah sudah tepat, jika sudah oke semua indikator dari pencahayaan, objek dan latar belakang baru kita tekan tombol pelapas rana pada kamera atau gawai (silahkan baca tutorial fotografi untuk lebih jelas).

  1. Berani Tampil

Percaya diri sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang baik, kalau aku pas ditugaskan sebagai juru dokumentasi selalu berani mendekati objek yang akan diambil secara dekat. Karena jika kita mengambil gambar dari kejauhan akan ada penghalang yang membuat gambar tidak bagus dan tidak fokus.

  1. Semangat Kerja

Menganggap kegiatan penting justru akan membuat kita tanggung jawab untuk menyelesaikan kerjaan memotret sampai akhir kegiatan.

6. Periksa Kembali

Hal atau peristiwa apa yang belum atau bahkan terlewati untuk diambil gambar harus kita periksa kembali agar mendapatkan dokumentasi yang lengkap.

 

Bagi yang ingin tau bagaimana cara memotret dengan kamera dslr, kamera saku dan gawai selanjutnya akan saya kupas tuntas pada edisi selanjutnya yaa,,,,,,ditunggu…..

Selamat memotret kakak…..terus dan terus berlatih untuk dapat menghasilkan foto dokumentasi kegiatan yang lebih bagus dan lebih menarik!

Salam

 

2 COMMENTS

  1. Kalau memory card ketinggalan digojekin aja kaka… :))

    Aku setuju banget klo motret hrs berani maju deketin obyeknya, jangan malu-malu motret dari balik badan orang. Klo di-zoom jadinya gk bagus.

    Mau donk difoto :))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here