Wanginya Kopi Arabika di Sumatera Utara

Wanginya Kopi Arabika di Sumatera Utara

Indonesiabaik.id // RM Ksatria Bhumi Persada, Septian Agam

Kopi-kopi dari Sumatera merupakan salah satu primadona dari tanah air. Bagi para pecinta kopi, jenis kopi Sumatera biasanya bercita rasa paling berat dan kompleks diantara beragam kopi di dunia.

Salah satu wilayah yang paling populer di Sumatera sebagai penghasil kopi terbaik di dunia ialah Sumatera Utara (Sumut). Tak mengherankan jika kopi di Sumut melagenda dan menembus pasar internasional. Beberapa nama yang sering disebut yakni Kopi Sindikalang, kopi Mandailing, dan Kopi Lintong.

Dari segi rasa, kopi Arabika memiliki banyak variasi rasa. Ciri yang menonjol ialah aroma yang wangi, hidup di daerah yang dingin dan sejuk, memiliki rasa yang sedikit asam, kental di mulut, pahit, namun bertekstur lebih halus.

Selain menguasai 70 persen pesar dunia, kopi arabika juga dijual lebih mahal dari robusta. Maka tak mengherankan jika saat ini, petani dan pengusaha kopi di Sumut mulai mengganti tanaman kopi Robusta ke Arabika untuk memenuhi pemintaan ekspor yang terus meningkat.

Donum Theo

sebagai orang Jogja, ia justru lebih menyukai rasa pahit dan getir seperti kopi dan pare; sedang mengumpulkan biji kopi dari pelosok Indonesia. kalo pare, cukup di kantin :d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.