5 Tips dan Trik Peregangan Sambil Duduk Sambil Bergerak

2
286
views

Selama di kantor, jangan duduk terlalu lama. Itu nasihat nenek moyang. Mengapa? Karena tubuh kita tidak dirancang untuk duduk lebih dari 3 jam. Saya tidak tahu mengapa demikian. Saya percaya saja. Ehehehe

Makdarit, usahakanlah melakukan gerakan badan selain duduk, misalnya berdiri, jongkok, berlari, melompat, merayap, koprol et cetera. Silakan baca tulisan sebelumnya yang berjudul 5 Tips dan Trik Olahraga di Kantor bagi yang Sibuk Bekerja.

Namun jika Anda memang berat hati untuk sekedar bergerak, atau bahkan tak sempat enyah dari kursi empuk, maka tips dan trik ini sepertinya cocok untuk Anda. Ada alasannya. Begini.

Sengaja saya melakukan penelusuran di Internet dan menemukan bahwa peregangan bagian-bagian tertentu dari tubuh sebenarnya cukup untuk melancarkan aliran darah dan memompa oksigen ke otak agar supaya kita kembali segar dan siap menyelesaikan tugas-tugas selanjutnya.

Tulisan peregangan tubuh ini saya beri judul tips dan trik Sambil Duduk Sambil Bergerak (biar bisa disingkat SDSB).

SDSB #1 Pemanasan
Pemanasan itu penting meskipun hanya untuk melakukan peregangan sambil duduk. Kita mulai dari peregangan pada jemari, dengan cara kedua belah tangan ditangkupkan di depan dada berjarak lengan kemudian dibalik lalu ditekan ke depan.

Jika benar, maka Anda akan melihat permukaan telapak tangan Anda yang lebih gelap dibandingkan telapak tangan yang putih.

Lanjutkan dengan menarik kedua lengan dengan tangan masih ditautkan, ke atas, sehingga permukaan yang putih mengarah ke langit-langit.

Jika dilakukan dengan tepat, bahkan tanpa mengerahkan tenaga pun, Anda akan merasakan peregangan di lengan atas dan punggung. Nikmat bukan?

SDSB #2 Leher
Peregangan pada leher juga perlu untuk melancarkan aliran darah dan memompa oksigen ke otak. Caranya, Anda harus duduk tegak, kemudian miringkan leher ke arah pundak kiri dan kanan secara perlahan lalu tahan selama 10 hitungan. 11 hitungan juga boleh. Yang penting posisi duduk tegak.

Peregangan leher ini bisa digabung dengan peregangan bahu, yaitu dengan cara mengangkat bahu kiri atau kanan hingga menyentuh daun telinga, tahan 5 hitungan saja lalu kembalikan bahu pada posisi normal. Ulangi gerakan gabungan ini sejumlah keperluan, kalau saya cukup 3 kali. Posenya aneh sih. Tapi cukup untuk melemaskan leher dan bahu.

Istilah kerennya shoulder shrug.

SDSB #3 Punggung
Peregangan punggung alias boyok ini yang paling nikmat menurut saya. Gerakannya dilakukan dengan memutar badan ke arah kiri atau kanan dan ditahan selama 10 hitungan. Pandangan mata lurus ke samping depan.

Jika dilakukan dengan tepat, niscaya Anda akan merasakan peregangan nikmat pada punggung, bahu dan perut! Bahkan bisa tercipta bunyi “krekkk” ehehehe

SDSB #4 Melayang di atas kursi
Yang berikutnya ini lumayan menantang, terutama bagi Anda yang bertubuh ekstra besar. Saya membayangkan kakak Lida KP atau kakak Dimas PPI atau kakak Harry eks-LII melakukan peregangan dengan melayang di atas kursi. Mungkin bisa jebol kursinya. Syaratnya gunakan kursi dengan pegangan tangan/lengan.

Pegang erat kedua pegangan lengan kursi, tahan otot perut dan angkat tubuh hingga pantat lepas dari empuknya kursi. Bisa ditahan hingga 10 hitungan lalu turun. Ulangi hingga 5 kali.

Variasi gerakan ini dapat dilakukan dengan awal bersila di atas tempat duduk Anda.

Entah manfaatnya apa, saya belum mencobanya … ehehehe

SDSB #5 Kaki
Yang terakhir ini favorit saya. Duduk santai di kursi dan panjangkan salah satu kaki kemudian diluruskan ke depan sejauh mungkin. Dari posisi tersebut, angkat kaki jenjang setinggi yang Anda mampu dan tahan selama 10 hitungan. Setelahnya, turunkan perlahan.

Ganti dengan kaki yang satu lagi dan lakukan hal yang sama bergantian hingga Anda merasa telah memusnahkan kepenatan akibat duduk diam terlalu lama di kursi.

Masih banyak tips dan trik peregangan sederhana yang lain. Misalnya back side-strech, jumping rope without rope, middle back-strech, back and leg curl, leg lift, chair sit to stand, invisible chair et cetera. Browsing aja sendiri ehehehe

Ingat, bahwa tips dan trik ini dirancang untuk melakukan peregangan dengan duduk. Namanya juga SDSB. Ehehehe. Bahkan, konon, dengan duduk Anda dapat mempraktikkan senam Kegel untuk melatih otot panggul bawah yang mengontrol jalur urine.

Caranya, sambil duduk, kencangkan bokong, tahan selama beberapa detik, kemudian lepaskan. Ulangi hingga 100 kali setiap hari.

OK. Kira-kira begitu tips dan trik kali ini. Awalnya tulisan ini akan dilengkapi dengan foto-foto peragaan namun calon foto modelnya menghindar dengan alasan cuti akhir tahun. Ya sudahlah.

Cobalah meregang!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here