5 Tips dan Trik Olahraga di Kantor bagi yang Sibuk Bekerja

4
262
views

Kali ini, saya akan berbagi tips dan trik olahraga di kantor (TDTORK) bagi teman-teman yang merasa super selalu sibuk dan menjalani hidup di kantor hanya untuk menghadiri serangkaian rapat dan membuat laporan rapat serta menyiapkan rapat lanjutannya.

Untuk berolahraga ala kantin.ID, kita tak perlu menunggu Jumat pagi tiba. Lebih dari itu, cara ini bisa dilakukan sepanjang waktu di kantor. Makanya saya sebut sebagai TDTORK. Tips dan trik olahraga di kantor. Ehehehe

TDTORK tak memerlukan baju dan sepatu khusus karena kita cukup mengenakan pakaian sehari-hari. Pun tak perlu seabrek alat olahraga yang beragam bentuk dan jenisnya. Cukup manfaatkan ruangan di sekitar kita.

TDTORK #1 HINDARI LIFT

Mengapa Anda perlu menghindar dari lift? Karena Anda dapat memanfaatkan anak tangga yang ada di samping lift. Apalagi kalau hanya berpindah satu atau dua lantai saja, misalnya dari lobi Gedung Belakang ke Lantai 2, cukup dengan jalur tangga. Tak jarang pilihan ini membuat Anda lebih cepat sampai tujuan karena antrian lift yang panjang.

Bagaimana jika kita bermaksud ke Lantai 8 di Gedung Belakang? Coba cermati postingan Marhendi Wijaya tentang Bermain dan belajar bersama “Gen Y”. Pemuda berkulit hitam legam ini, dari Lantai 2, berhasil mencapai Lantai 8 melalui anak tangga bukan?

Manfaat tips dan trik pertama ini adalah melatih otot kaki.

TDTORK #2 HINDARI WHATSAPP DAN TELEGRAM

Mengapa kita perlu menghindari Whatsapp dan Telegram? Karena kita dapat memanfaatkan aktivitas berjalan kaki di sekeliling ruangan sembari berkomunikasi dan berkontak fisik dengan rekan kerja.

Misalnya, Anda baru saja menyebarkan surat undangan atau nota dinas melalui aplikasi SiMaya lalu Anda bermaksud mengingatkan para penerima melalui group WA atau Tele, saya anjurkan untuk mendatangi para penerima satu persatu.

Iya, benar. Datangi mereka satu demi satu. Lakukan aktivitas berjalan kaki dari satuan kerja A ke satuan kerja B dan seterusnya. Meskipun itu jaraknya hanya 5 sampai 10 meter, lakukanlah. Berjalankakilah. Lakukan kontak fisik.

Contoh lain, Anda perlu berkas tertentu dari komputer rekan seruangan. Ga perlu tanya lewat WA atau Tele. Berdirilah dan berjalankakilah lalu sampaikan maksud Anda kemudian kembali ke tempat duduk Anda.

Manfaat tips dan trik kedua ini adalah melatih otot kaki. Ehehehe

TDTORK #3 HINDARI PANTRY

Mengapa Anda perlu menghindari pantry? Karena pantry adalah salah satu comfort zone para PNS alias tempat nongkrong yang menyenangkan sembari ngopi, ngroko atau nonton tivi. Ehehehe

Mengunjungi pantry tidak efektif dikategorikan sebagai aktivitas olahraga di kantor karena justru kita akan lebih banyak duduk; bahkan ketiduran di sofa yang empuk.

Lantas ke mana? Ya kalau terlanjur mengarah ke pantry, belokkan diri Anda ke toilet saja, cuci muka, cuci kaki, atau pipis trus kembali lagi ke ruangan kita dan duduk lagi. Kalau mau, pergilah ke toilet di Lantai 8 yang agak agak itu dan buru-buru kembali turun …

Manfaat tips dan trik ketiga ini adalah melatih otot kaki. Ehehehe

TDTORK #4 HINDARI KENDARAAN DINAS

Ini terutama bagi Anda yang sering menghadiri rapat di kementerian/lembaga sekitar jalan Medan Merdeka Barat, misalnya Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Mahkamah Konstitusi, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata et cetera.

Tips dan trik saya adalah hindari menggunakan fasilitas kendaraan dinas dan gunakan aktivitas berjalan kaki. Ehehehe

Ini serius, kan jarak antar kementerian/lembaga di atas hanya sak plinthengan Gatotkaca saja kok.

Dengan tidak menggunakan kendaraan dinas atau pribadi, Anda telah mengurangi potensi emisi karbon Jakarta, menghemat BBM dan menikmati keindahan trotoar sepanjang jalan Medan Merdeka Barat.

Manfaat tips dan trik keempat ini adalah melatih otot kaki. Ehehehe

TDTORK #5 HINDARI ALIH TUGAS ATAU PENDELEGASIAN

Judul tips dan trik kelima memang agak aneh karena saya kesulitan menemukan diksi yang keren. Tapi intinya adalah saya mengajak Anda untuk menghindari pemberian tugas-tugas sederhana kepada staf yang sejatinya dapat dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain.

Contohnya fotokopi. Mungkin berkas yang hendak disalin cukup banyak, namun hindari memberi tugas kepada office boy dan Anda lakukan sendiri. Berjalanlah ke mesin fotokopi dan operasikan sendiri, termasuk saat paper jam atau kertas habis. Selesaikan sendiri saja.

Manfaat tips dan trik kelima ini adalah melatih otot kaki. Ehehehe

Sebenarnya masih banyak TDTORK namun lumayan riweuh kalau mau dipraktekkan, misalnya push-up di meja, squat-jump samping kursi, kayang hingga koprol di sepanjang lorong. Silakan saja jika Anda ngotot pengen menjajal hal-hal itu. Saya sendiri engga mau. Terutama koprol di lorong.

Inilah lorong di salah satu ruangan satker di Ditjen IKP / Foto: Donum Theo

Kuncinya adalah dengan memulainya secara perlahan-lahan, sedikit demi sedikit, kemudian terus menambah intensitas dan frekuensinya.

Konon, olahraga sederhana ini dapat meningkatkan kadar oksigen dan aliran darah ke otot sehingga Anda merasa lebih sehat, lebih bugar dan lebih siap mengerjakan tugas selanjutnya.

Yang saya tahu, tidak ada ruginya kita berolahraga meski terbatas dalam area cubicle atau di sekitar ruangan kantor kita saja.

Mau coba?

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here