KOMINFO BANGUN MEDIA CENTER DAERAH  

1
509
views


Undang-Undang Dasar 1945 khususnya pada pasal 28f jelas mengatakakan “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia”. 

Menjawab bunyi dari isi UUD 1945 diatas saya kisahkan bahwa sekarang ini Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui satuan kerja Direktorat Pengelolaan Media Publik punya program yang namanya Bantuan Pembangunan Media Center Daerah (MC) dan ada juga dukungan fasilitasi media center pada kondisi situasional.

Sebelum jauh penjelasan program rutin tahunan pembangunan Media Center dan program dukungan  fasilitasi media center apa saja yang sudah pernah dilakukan tahun 2016, sedikit cerita singkat pengantar Media Center berikut ;

Apa sih Media Center Itu ?

Merupakan salah satu simpul jaringan penyebaran informasi strategis dan lokal, yang dimana terjadi pertukaran informasi dua arah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan tujuan 3E+1N (Educating, Empowering, Enlightening, Nationalism). Selain itu sarana yang bermanfaat bagi awak media terutama pada kondisi situasional.

Fungsinya ngapain aja ?

Melakukan penyebaran Informasi publik baik isu sektor mapun sektoral, terjadi proses pertukaran informasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah kepada pemerintah pusat atau sebaliknya dan pelayanan informasi dan komunikasi publik.
Siapa aja yang bisa dapat?

Sejak tahun 2007 sampai tahun 2016 sudah terbangun media center sebanyak 251 daerah terdiri dari Kabupaten, Kota dan Provinsi. Lebih tepatnya yang biasa mengajukan adalah Dinas Kominfo, Dishub Kominfo, Humas, Ormas, Pesantren, Sekolahan, Gereja dll.

 Bagaimana cara dapat bantuan?

Proses tahapan yang sudah menjadi rutin setiap tahun, harus ada pengajuan kayak proposal yang isinya memohon bantuan tersebut supaya ada bukti administrasi kalau daerah itu meminta dan kita di Pusat tinggal menindaklanjuti. Bukan segampaang itu langsung dikasih aja ya,,,,tapi ada syarat dan komitmen yang harus dipenuhi oleh pemohon bantuannya seperti :

Siap dan wajib menyiapakan tempat, infrastruktur pendukung, dan anggaran untuk pemeliharaan dan pengoperasian media center secara berkelanjutan.

Memanfaatkan MC sampai ke masyarakat luas, contoh ; pelajar, mahasiswa, wartawan, dan masyarakat umum agar dapat mengakses informasi dan komunikasi melalui MC.

Sedia menugaskan staf atau tenaga pengelola MC yang kompeten di bidang teknologi informatika dan komunikasi selama kurun waktu minimal 3 tahun baru dimutasi ke satker lain.

Menyiapkan dan menyebar luaskan konten informasi mendidik, mencerahkan, memberdayakan dan membangun rasa nasionalisme masyarakat.

Sinergi dan melakukan konektivitas berita daerah dengan portal infopublik.id yang dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Media Publik, Ditjen IKP

Syarat dan Komitmen harus dituangkan dalam bentuk Surat Pernyataan Komitmen dan ditanda tangani diatas materai oleh pejabat minimal Sekretaris Daerah.

Setelah semua tahapan itu terpenuhi maka, akan ada proses seleksi bersama antara Eselon 1, Eselon 2 dan Eselon 3 terkait untuk menentukan lokasi prioritas mana yang akan dibantu.
Program bantuan pembangunan MC Tahun 2016 sudah dilakukan sampai tahap pendistribusian ke masing-masing daerah yang dibantu. Jumlah lokasi tahun ini sebanyak 25 lokasi yang terbagi di beberapa kabupaten, kota dan provinsi. Bantuan tersebut meliputi perangkat komputer sebanyak 6 unit lengkap, 1 buah laptop, printer multifungsi, kamera dslr, dan biaya paket internet untuk 6 bulan. Serta pelatihan Bimbingan Teknis untuk pengelola media center bantuan tahun 2016.
Selain itu ada namanya bantuan dukungan fasilitasi media center situasional, Tahun 2016 Kementerian Kominfo ikut berpartisipasi dalam kegiatan seperti Naval Exercise Komodo 2016 di Padang, MTQN 2016 di Lombok, KTT OKI, Tafisa World Sport for All games, Sail Selat Karimata dan Hari Nusantara.
Media Center situasional atau peristiwa khusus merupakan pusat informasi yang mendukung kelancaran dan kesuksesan kegiatan khusus pada tingkat nasional, regional dan internasional dengan tujuan menyediakan informasi publik terkait penyelenggaraan peristiwa khusus dan melayani serta menyediakan fasilitas untuk pelaksanaan penyebaran informasi terkait peristiwa khusus.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here